Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Mengurangi Kekambuhan Asma Pada Anak

Labels: ,
Senin, 24/05/2010 09:16 WIB

Vera Farah Bararah - detikHealth

Denver - Serangan asma bisa terjadi kapan saja dan terkadang membuat anak menjadi cemas. Dengan terapi seni bisa membantu mengurangi kecemasan dan kekambuhan asma anak.

Peneliti menyarankan terapi seni dapat membuat anak-anak tidak menjadi cemas dengan kondisinya. Terapi ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan emosional anak-anak yang sakit kronis. Hasil studi ini dipublikasikan dalam edisi Mei Journal of Allergy & Clinical Immunology.

Pusat pengendalian penyakit dan pencegahan (CDC) Amerika Serikat menyebutkan gangguan pernapasan merupakan penyebab utama anak-anak tidak masuk sekolah.

Anak-anak yang memiliki asma cenderung dilanda rasa cemas jika sewaktu-waktu terjadi serangan asma. Kegelisahan ini bisa memicu dan memperburuk keadaan yang seharusnya hanya ringan saja.

Dalam terapi seni, anak-anak akan bekerja dengan krayon, cat dan bahan lainnya. Anak-anak ini akan dipandu oleh terapis untuk membantu mengungkapkan perasannya jika sulit berkomunikasi dengan kata-kata.

"Ini bukan tentang melukis gambar-gambar yang indah, tapi ini tentang sesuatu untuk membantu orang menggunakan seni dalam mengungkapkan dan melepaskan perasannya," ujar Anya Beebe, seorang terapis dari National Jewish Health di Denver, seperti dikutip dari Reuters, Senin (24/5/2010).

Pada akhir terapi didapatkan, anak yang menerima terapi seni memiliki kecemasan lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih tinggi, dan perbaikan ini terus berlangsung pada 6 bulan berikutnya.

"Penggunaan terapi seni untuk anak-anak yang memiliki kasus asma berat atau asma kronis jelas terlihat manfaatnya. Anak-anak ini cenderung merasa lebih baik setelah melakukan terapi seni," ungkap Beebe.

Beebe menuturkan kesehatan fisik dan psikologis saling berhubungan, dan hal ini juga terlihat pada anak yang memiliki asma. Selain itu dengan terapi seni anak-anak yang asma bisa mengendalikan perasannya sehingga dapat mengurangi tingkat kekambuhannya.

(ver/ir)

http://health.detik.com/read/2010/05/24/091638/1362706/764/mengurangi-kekambuhan-asma-pada-anak?l993306763
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts